Pages

Monday, March 14, 2016

ecocapsule rumah mungil yang ramah lingkungan


Rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia, karena rumah tempat berlindung dari segala ancaman. Jika rumah yang terletak berjejer di komplek perumahaan sudah biasa, lalu bagaimana dengan rumah yang bisa diletakan dimana saja?

Ya, Nice Architects perusahaan asal Slovakia ini telah mengembangkan sebuah prototipe rumah mungil berbentuk telur yang diberi nama Ecocapsule. Rumah portabel ini mulai diumumkan ke publik sejak pertengahan tahun 2015 lalu dan akan mulai dikirimkan tahun ini.

Rumah mungil ini hanya memiliki diameter 2,55 x 4,45 x 2,25 m dan total luas 10 meter persegi yang telah diisi sejumlah furnitur. Rumah mungil ini hanya memiliki bobot seberat 1.500 kg saja. Degan bentuk oval seperti telur, rumah ini terlihat bak rumah-rumahan yang lucu.


Sedangkan untuk akses masuknya, hanya ada satu pintu yang dibuka ke atas. Meski kecil, namun isi dari rumah ini cukup lengkap, terdiri dari ruang kerja, tempat tidur, dapur, kamar mandi dan toilet. Sebuah ruang penyimpanan atau gudang harus diakses dari luar rumah dan ada beberapa jendela yang yang membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Sebuah toilet kompos dan wadah penampungan air juga bakal hadir di rumah ini.

Rumah ini diklaim oleh perusahaan sebagai rumah yang ramah lingkungan, hal itu karena untuk sumber energinya, rumah ini menggunakan cahaya matahari yang dihasilkan dari panel surya 600 W yang berada dia atap rumah. Selain itu, ada tiang turbin angin kapasitas 750 W dan baterai kapasitas besar, yakni 9.744 Wh.

Perusahaan akan mulai menjual dan mengirim rumah mungil ini tahun 2016 ini untuk pembeli yang sudah melakukan pre-order sebelumnya dan akan diproduksi terbatas hanya 50 unit untuk generasi pertama. Perusahaan juga mengatakan bahwa untuk generasi kedua, mereka akan menurunkan harga dari rumah unik tersebut.

0 komentar:

Post a Comment